Latest News

Jumat, 02 Maret 2012

GUBERNUR NTT : " MAKSIMALKAN PERAN LITBANG DAERAH"

KUPANG - BUANA NEWS:- Gubernur Nusa Tenggara Timur - NTT Frans Lebu Raya, mengatakan: "peran Lembaga Penelitian dan Pengembangan (Litbang) Daerah harus lebih dimaksimalkan demi terwujudnya Kawasan Timur Indonesia (KTI) yang maju, sejahtera, adil, damai serta berbasis dan berpihak kepada masyarakat yang bertumpu pada keunggulan lokal melalui wadah yang multi-pihak. Hal ini dikatakan Gubernur Lebu Raya pada Rapat Koordinasi (Rakor) Forum KPPD Regional Timur Indonesia di Aula Badan Pendidikan, Penelitian dan Pengembangan Daerah Propinsi NTT beberapa waktu yang lalu.

Sang Gubernur manambahkan, Masih ada keunggulan lokal yang belum dikembangkan secara maksimal dan ini merupakan tanggung jawab semua elemen atau komponen, termasuk yang bergerak di bidang kelitbangan. "kita mesti terus berjuang dalam mendorong dan mengembangkan kemitraan yang salah satu melalui Litbang demi kemajuan dan kesejahteraan rakyat" Frans menuturkan.

"NTT memiliki banyak potensi baik yang berada di darat maupun di laut yang bisa dikembangkan. Untuk itu, dewan riset diminta agar dapat membantu memberikan sumbangan pemikiran untuk bagaimana mengelolanya dengan baik demi kemajuan dan kesejahte­raan rakyat. “NTT memang sering dicap sebagai daerah tertinggal, namun NTT memiliki keinginan untuk tetap maju karena 70 persen potensi Indonesia ada di bagian Timur,” kata Lebu Raya.

Gubernur berharap, Rakor ini dapat berjalan lancar, baik serta dapat memenuhi harapan semua pihak dan apa yang dihasilkan dapat berguna bagi daerah masing-masing. “Mudah-mudahan hasil pertemuan ini dapat bermanfaat dan berguna bagi kita semua,“ kata Gubernur NTT.

Sementara itu, Ketua Forum KPPD Regional Timur Indonesia, Dr Idrus Hafid mengatakan, kemajuan suatu daerah amat ditentukan oleh perhatian dan kepedulian pemimpin. Menurutnya, banyak hasil riset yang bisa dikembangkan dan diterapkan di suatu daerah. “Perbanyak dewan riset daerah terutama dalam menggunkan tenaga-tenaga pengajar dari universitas-universitas yang ada di daerah,” pintanya.

Penyelenggaraan FKPPD Regional Timur Indonesia diikuti 76 peserta dari 13 provinsi yakni NTT, NTB, Bali, Sulawesi Selatan, Sulawesi Barat, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Utara, Gorontalo, Maluku, Maluku Utara, Papua dan Papua Barat. (A2MN/vn)

GUBERNUR NTT : " MAKSIMALKAN PERAN LITBANG DAERAH"
  • Title : GUBERNUR NTT : " MAKSIMALKAN PERAN LITBANG DAERAH"
  • Posted by :
  • Date : 08.04
  • Labels :
  • Terima Kasih
  • Kunjungannya
Top